Kiat Jitu Menghadapi Promo Idul Fitri dengan Bijak Agar Tidak Kalap

By On Thursday, May 17th, 2018 Categories : Techno

Idul Fitri yang merupakan hari besar umat Islam adalah hari yang paling dinanti-nanti untuk dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia. Demi menyambut hari yang istimewa ini, berbondong-bondong orang baik tua maupun muda menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Salah satu yang menjadi ciri khas yang hampir dilakukan semua orang menjelang Idul Fitri adalah mempersiapkan pakaian yang pantas, aneka makanan untuk menjamu tamu dan berkumpul bersama dengan sanak saudara yang sudah tidak lama bertemu. Menjelang Idul Fitri tepatnya saat bulan Ramadhan biasanya banyak mall, pusat perbelanjaan, bahkan situs belanja online yang mengadakan promo Idul Fitri dengan berbagai penawaran harga dan diskon yang menggiurkan.

Umumnya produk-produk yang dipromokan berupa kebutuhan-kebutuhan lebaran, seperti baju, makanan kering, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang berguna untuk menyambut lebaran. Hal ini tentu menarik minat para konsumen untuk memanfaatkan kesempatan promo tersebut agar bisa berbelanja kebutuhan lebaran, seperti baju untuk keluarga dan anak-anak, makanan lebaran, perlengkapan ibadah, dlsb. Mengingat tidak setiap hari dijumpai promo yang serupa.

 Mengingat banyaknya promo yang ada tidak lantas membuat kita kalap untuk membelanjakan uang yang kita miliki. Hal ini penting mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi juga di waktu yang bersamaan ataupun di waktu mendatang. Untuk itu saat menghadapi promo Idul Fitri yang hadir di depan mata, ada beberapa kiat jitu yang bisa Anda lakukan agar tidak boros membelanjakan segala sesuatunya, antara lain sebagai berikut:

  • Membuat list atau daftar belanja yang dibutuhkan.

Membuat daftar belanja yang dibutuhkan terlebih dahulu akan sangat membantu Anda me-manage kebutuhan apa saja yang memang sedang Anda butuhkan. Sehingga barang yang Anda beli menjadi tepat guna. Cara ini juga diperuntukkan agar Anda fokus menyasar barang-barang yang sesuai dengan daftar yang ada dan tidak perlu melirik barang-barang yang memang di luar rencana awal serta belum tentu dibutuhkan dalam waktu dekat.

  • Mempersiapkan budget yang dialokasikan khusus untuk persiapan lebaran.

Dengan menyiapkan dana yang memang khusus untuk berbelanja kebutuhan lebaran, pengeluaran yang membengkak atau boros bisa dikendalikan. Cara ini juga berguna agar kita berbelanja tidak melebihi dari jumlah dana yang telah disediakan sehingga lebih termanagemen.

  • Membeli barang-barang dari jauh-jauh hari.

Mendekati lebaran, harga berbagai macam kebutuhan, mulai dari bahan pokok, baju lebaran, hingga kebutuhan lainnya mengalami pelonjakan harga yang cukup drastis. Untuk menghindari mendapatkan barang dengan harga yang mahal, maka berbelanja dari jauh-jauh hari menjadi solusi yang tepat. Terutama jika di awal Ramadhan mulai bermunculan promo-promo jangan menunda-nunda waktu untuk berbelanja kebutuhan yang diperlukan. Bisa jadi promo-promo yang diberikan di awal Ramadhan akan sangat berbeda menjelang mendekati hari lebaran.

  • Teliti saat membeli.

Saat memanfaatkan promo Idul Fitri yang diberikan oleh berbagai tempat-tempat perbelanjaan, baik offline store maupun toko online, pastikan terlebih dahulu barang yang dipromokan masih layak atau tidak. Hal ini mengingat adanya promo makanan kering dengan harga terjangkau yang ternyata memiliki expired date yang tinggal beberapa bulan atau bahkan beberapa hari lagi. Seperti juga saat membeli produk pakaian, Anda harus teliti dengan baik. Pastikan produk yang Anda beli memang masih layak pakai. Sehingga produk yang Anda dapatkan tidak hanya murah, namun juga berkualitas.

Kiat Jitu Menghadapi Promo Idul Fitri dengan Bijak Agar Tidak Kalap | yazidku | 4.5