Analisis Spider-Man Homecoming, Trailer Breakdown!

By On Friday, December 16th, 2016 Categories : Entertainment

Selama ini keinginan para fans Marvel untuk bisa menyaksikan aksi Spider-Man di Marvel Cinematic Universe (MCU) hanyalah sebuah mimpi. Semua berubah di awal tahun 2015 ketika Sony Pictures dan Marvel Studios sepakat untuk bekerjasama membawa si muka jaring masuk ke dalam dunia MCU bertemu Iron Man, Captain America, dan superhero Marvel lainnya. Di awal tahun 2016 kita disuguhkan dengan kemunculan Tom Holland sebagai Peter Parker/Spider-Man di film Captain America Civil War. Hari Jumat, 9 Desember 2016, trailer film Spider-Man Homecoming resmi dirilis. Pada artikel ini kita akan melakukan analisa dan bedah teaser dan trailer Spider-Man Homecoming (atau biasa disebut ‘trailer breakdown’) yang kalau dilihat dari trailer-nya, Spider-Man Homecoming sepertinya akan menjadi salah satu film Marvel yang keren banget!

Simak teaser Spider-Man Homecoming yang dirilis satu hari sebelum trailer resminya beredar online:

Walau hanya berdurasi 18 detik, teaser Spider-Man Homecoming ini memperlihatkan beberapa momen menarik. Video teaser dibuka dengan penampakan kembalinya Jon Favreau sebagai Happy Hogan. Hal ini menegaskan koneksi Marvel Cinematic Universe dengan film hasil kerjasama Sony Pictures dan Marvel Studios ini.

Di teaser Spider-Man Homecoming, Happy bertanya kostum apa yang Spider-Man pakai. Karena dilihat dari sudut pandang orang pertama, tidak terlihat jelas bentuk kostumnya seperti apa. Tapi sekilas terlihat sepertinya Spidey mengenakan kostum asli yang ia gunakan saat membantu Tony Stark di film Captain America Civil War.

Peter Parker lalu memeriksa koper kiriman Tony Stark. Isinya? Kostum Spider-Man yang kita lihat di Civil War dengan sedikit tambahan fungsi yang tak terlihat dalam pertarungan di bandara udara: melayang.

Fakta menarik: kostum ini terinspirasi dari kostum Spider-Man yang muncul di komik Amazing Fantasy, komik perdana Spider-Man.

Dari teaser-nya, Tony Stark dan Stark Industries akan memiliki peranan penting di film Spider-Man Homecoming. Setelah kehilangan hampir seluruh anggota Avengers, dan mungkin merasa kecewa dengan Vision, bisa jadi Tony mencoba menjadi mentor untuk Peter Parker. Apalagi Peter sudah membuktikan diri layak menjadi anggota Avengers meski umurnya masih terlalu muda.

Satu hari setelah teaser resminya dirilis, trailer Spider-Man Homecoming dirilis di acara Jimmy Kimmel Live!

Spekulasi banyak bermunculan di Internet beberapa minggu sebelum trailer Spider-Man Homecoming resmi beredar secara online. Banyak fans yang beranggapan trailer Spider-Man Homecoming dirilis bersamaan dengan pemutaran film Star Wars Rogue One. Namun pihak Marvel Studios mempercepat tanggal rilis trailer dan fans pun menyambut trailer ini dengan sangat antusias.

Dari trailer-nya terlihat bahwa cerita Spider-Man Homecoming terfokus pada kehidupan SMA Peter Parker dan cerita awal Spider-Man sebelum ia memutuskan untuk menjadi pembasmi kejahatan. Waktu kejadian di film terjadi setelah event di film Captain America Civil War sehabis Spider-Man pulang membantu Tony Stark/Iron Man di film tersebut (Homecoming berarti ‘pulang ke rumah’).

Di trailer-nya kita juga bisa melihat kedekatan antara Tony Stark dengan Peter Parker. Pada teaser terlihat bahwa kostum Spider-Man yang dipakai oleh Peter Parker adalah hasil kreasi dari Tony Stark. Satu yang pasti: trailer Spider-Man Homecoming ini ditujukan untuk fans Spider-Man dan juga Avengers.

Adegan di atas membuktikan kalau Tony Stark bukan hanya sekedar menjadi cameo saja. Kita bisa melihat bahwa Tony Stark berperan penting di dalam plot cerita Spider-Man Homecoming. Bahkan salah satu adegan penutupnya memperlihatkan Iron Man dan Spider-Man berpatroli bersama!

Di sepanjang trailer Spider-Man Homecoming, Tony bahkan terkesan menjaga Peter dari bahaya. Pada satu adegan Tony menyarankan Peter untuk menyerahkan urusan dengan Vulture ke pihak lain saja. Padahal seperti kita saksikan di Civil War, meski amatir Peter dapat merepotkan prajurit super seperti Captain America dan Bucky.

Siapa karakter antagonis di film Spider-Man Homecoming?

Trailer Spider-Man Homecoming dibuka dengan adegan ala Spidey yang memperlihatkan aksi Spider-Man menghadapi empat perampok mengenakan topeng Avengers. Dalam aksi pembuka itu, Spidey menunjukkan kekuatan fisiknya dan juga kelincahan serta spider-sense dengan menghindari semua serangan yang diarahkan kepadanya.

Dari trailer, terlihat karakter antagonis utama di film Spider-Man Homecoming adalah Vulture. Karakter yang diperankan oleh Michael Keaton ini awalnya hanya terlihat dalam gambar konsep. Sekarang, lewat trailer kita bisa menyimpulkan kalau Vulture adalah lawan yang menakutkan bagi Spider-Man muda.

Trailer Spider-Man Homecoming juga memperlihatkan pujaan hati Peter Parker muda: Liz Allan. Kali ini pujaan hati Peter Parker adalah Liz bukan Mary Jane maupun Gwen Stacy. Sepertinya Jon Watts selaku sutradara dan pihak Marvel Studios menginginkan karakter lain untuk menjadi kekasih Peter setelah Mary Jane sudah digunakan di trilogi Spider-Man Sam Raimi dan Gwen Stacy tampil signifikan di dua film The Amazing Spider-Man.

Trailer Spider-Man: Homecoming telah memuaskan dahaga para fans Spider-Man – dan Iron Man – dengan memperlihatkan aksi duo superhero ini dalam film Spider-Man Homecoming nanti. Kita telah menyaksikan Vulture yang akan memporak-porandakan Queens – dan kemungkinan besar juga menghancurkan kota New York – dan Peter Parker berusaha membuktikan dirinya pantas menjadi anggota Avengers kepada Tony Stark.

Muncul satu antagonis lagi bernama Shocker.

Bukannya Shocker tidak ada di trailer Spider-Man Homecoming? Luput dari mata kebanyakan orang yang sudah melihat trailer resmi Spider-Man Homecoming, terdapat versi lain dari trailer Spider-Man Homecoming. Ternyata trailer Spider-Man Homecoming versi internasional juga sudah dirilis, di mana kita bisa melihat sedikit aksi Shocker.

Pada trailer ini kita bisa melihat Shocker menyerang Spider-Man di area parkir bus sekolah Queens. Shocker pernah disebut akan muncul di film Spider-man Homecoming melalui bocoran info di internet. Kostumnya terlihat kotor dan realistis, tapi penampilan Shocker di Spider-Man Homecoming ini masih mengedepankan warna kuning seperti kostum Shocker versi klasik yang muncul di komik. Simak foto Shocker yang sempat tersebar di internet:

Bicara soal klasik, di trailer Vulture juga terlihat mengenakan kostum yang terasa klasik walaupun dalam rupa siluet. Namun, kemungkinan besar Vulture akan lebih sering hadir dalam balutan kostum hi-tech.

Spider-Man Homecoming diramaikan oleh Tom Holland, Michael Keaton, Zendaya, Donald Glover, Jacob Batalon, Laura Harrier, Tony Revolori, Tyne Daly, Bokeem Woodbine, Marisa Tomei, Robert Downey Jr., Jon Favreau, Martin Starr, Kenneth Choi, Michael Mando, Selenis Leyva, Isabella Amara, Jorge Lendeborg Jr., JJ Totah, dan Hannibal Buress.

Spider-Man Homecoming disutradarai oleh Jon Watts dengan naskah ditulis oleh Jonathan Goldstein, John Francis Daley, Jon Watts, Christopher Ford, Chris McKenna, dan Erik Sommers.

Film ini diproduksi oleh Marvel Studios atas arahan Kevin Feige, Amy Pascal, Louis D’Esposito, Victoria Alonso, Patricia Whitcher, Jeremy Latcham, dan Stan Lee yang menjabat sebagai produser eksekutif.

Spider-Man Homecoming akan dirilis di Amerika pada 7 Juli 2017. Kemungkinan fans Spider-Man di Indonesia bisa menyaksikan Spider-Man Homecoming pada akhir bulan Juni 2017.

Bagikan artikel menarik ini ke teman-temanmu ya. Baca artikel menarik kami setiap hari di finspi.com

Analisis Spider-Man Homecoming, Trailer Breakdown! | yazidku | 4.5