5 Benteng Termegah di India Ini Berikan Pengalaman Traveling yang Berbeda

By On Friday, June 22nd, 2018 Categories : Travel

Selain memproduksi film-film yang bombastis, India juga menyimpan budaya yang maha kaya. India sebagai salah satu pusat peradaban dunia bahkan memiliki kekayaan antropologi, arsitektur, dan ilmu pengetahuan yang sangat maju pada zamannya. Kisah keadidayaan kerajaan-kerajaan di India bahkan terdengar hingga ke benua Eropa. Semua itu sudah  dimulai jauh sebelum tahun masehi.

Salah satu warisan dari peradaban masa lampau di India adalah benteng-benteng megah yang tersebar di penjuru India, salah satunya di Rajasthan. Benteng-benteng bersejarah di Rajasthan memiliki desain arsitektur yang sangat detail dan unik, sehingga membuatnya menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi selama di Rajasthan. Simak lima benteng termegah di Rajasthan berikut.

  • Agra Fort

Agra Fort merupakan mahakarya arsitektur Mughal yang masih tersisa di India. Agra Fort atau Benteng Merah merupakan kediaman para penguasa Kesultanan Mughal sekaligus pusat pemerintahan yang digunakan secara turun temurun. Dinding-dinding besar dan tebal yang terbuat dari batu pasir merah menciptakan kesan kuno, tangguh, dan eksotis.

Lain di luar lain di dalam, bangunan-bangunan di dalam benteng ini dilapisi oleh batu marmer putih dengan dihiasi berbagai ukiran geometris, panel keramik, dan batu permata untuk meningkatkan kesan mewah. Berada di area seluas 38 hektar membuat Agra Fort lebih terkesan sebagai kota benteng daripada tempat tinggal Sultan. Sebaiknya Anda mengunjungi Agra Fort ketika matahari terbit dan ketika senja ketika cahaya matahari hangat terpantul dari dinding-dinding merah Agra Fort.

  • Jaisalmer Fort

Jaisalmer Fort dikenal pula sebagai Golden Fort karena batu yang digunakan adalah batu pasir kuning sehingga menimbulkan kilau emas ketika terkena matahari. Dibangun di atas bukit membuat benteng ini sangat mudah dilihat dari kejauhan. Namun konon ketika matahari sedang terik, warna kuning dari gurun pasir sekitar dapat menyembunyikan benteng ini dari pandangan mata musuh.

Jaisalmer Fort merupakan salah satu benteng yang masih hidup hingga kini karena beberapa penduduk kota tua masih tinggal di dalam benteng. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di benteng ini seperti berjalan menyusuri lorong-lorong kuno, berinteraksi dengan para warga lokal, hingga berbelanja di pasar. Kini, Istana yang telah menjadi museum ini selalu ramai dikunjungi. Anda dapat merasakan pengalaman spiritual dari kuil-kuil yang tersebar atau memandangi arsitektur kota yang nampak apik berada di bawah benteng.

  • Mehrangarh Fort

Mehrangarh Fort dibangun di atas sebuah bukit batu setinggi 125 meter. Dibangun oleh pendiri Kota Jodhpur, Rao Jodha, benteng ini dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi yang tebal dan tangguh. Namun, di bagian dalam benteng ini dipenuhi ukiran-ukiran dan hiasan-hiasan yang menggantikan kesan tangguh dengan kesan mewah khas bangsawan.

Di bagian dalam benteng Anda juga dapat menemukan berbagai galeri dan museum yang memamerkan kekayaan budaya Jodhpur pada masanya. Anda juga dapat melihat gudang persenjataan yang masih awet hingga kini.

  • Amer Fort

Amer Fort yang juga dikenal sebagai Amber Fort ini dibangun dengan menggunakan batu pasir merah dan marmer putih secara turun temurun sehingga bentuknya selalu berubah-ubah. Berada di puncak bukit membuat benteng ini menjadi salah satu atraksi utama di Jaipur, Rajasthan. Benteng ini terbilang cukup unik karena pemerintah setempat menghiasi benteng ini dengan ornamen-ornamen lampu sehingga membuatnya menyala cantik di malam hari.

Sama seperti benteng-benteng kerajaan lainnya, bagian dalam benteng ini pun dipenuhi marmer putih dengan langit dan dinding dipenuhi dengan ornamen-ornamen geometris, pola bunga, serta panel keramik untuk memanjakan mata para bangsawan yang dulu mendiami benteng ini.

  • Kumbhalgarh Fort

Kumbhalgarh Fort adalah salah satu komplek benteng terluas dengan panjang tembok perimeter mencapai 36 kilometer. Berbeda dengan benteng-benteng lainnya, benteng ini lebih banyak menggunakan bebatuan gunung yang mudah ditemukan di sekitar benteng. Dengan lebar tembok mencapai 15 hingga 25 kaki, membuat benteng ini terasa semegah Tembok Besar Tiongkok.

Tembok-tembok ini pun membentang menyusuri pegunungan hingga hutan yang menaungi satwa-satwa langka. Kemegahan benteng yang sudah berdiri selama 700 tahun ini semakin membuktikan kepiawaian arsitek dan insinyur India kuno yang jauh lebih maju dari zamannya.

Dari kemegahan benteng-benteng di atas kita bisa belajar bahwa India memiliki keahlian arsitektur dan engineering yang sulit ditandingi bahkan hingga saat ini. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan langsung kemegahan benteng di Rajasthan, cari tiket pesawat saat ini juga. ada beberapa pilihan untuk dapat mengunjungi Rajasthan. Salah satunya dengan menggunakan maskapai Scoot tujuan New Delhi, kemudian disambung dengan penerbangan lokal dengan tujuan Jaipur.

5 Benteng Termegah di India Ini Berikan Pengalaman Traveling yang Berbeda | yazidku | 4.5